-->

7 Wisata Jepara Jawa Tengah | Indah nya Negeriku

 Hai sobat Sekitarku.com dikesempatan ini saya akan membuat artikel 7 Rekomendasi Wisata Yang ada Di Jepara yang pasti sayang banget buat kalian lewati sob.

Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Nah buat kalian yang baca artikel ini khususnya yang pengen liburan ke Wisata Jepara Jawa Tengah bisa cek wisata keren dibawah ini :


1. Taman Nasional Karimun Jawa


Taman Nasional Karimun Jawa  adalah kawasan wisata yang berupa kepulauan. Terletak di Laut Jawa, dan menjadi Obyek wisata di Jawa Tengah, berjarak kurang lebih 83 km dari kota  Jepara menuju arah utara. Luas daratannya 7.120 ha dengan jumlah pulau 27 buah. Namun, yang berpenghuni hanya 5 pulau. Kelima pulau tersebut adalah Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting. Dengan penduduk sebagian besar adalah nelayan.

Di sekitar pulau kawasan ini terlihat hamparan pemandangan alam yang indah. Selain itu, tampak pula pasir putih yang membentang di sepanjang pantai. Di kawasan ini terdapat 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik. Secara garis besar fauna yang ada di Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok daratan dan kelompok perairan. Kelompok daratan meliputi rusa, trenggiling, landak, ular, bangau tong-tong, bangau abu, elang laut, dan wedi-wedi. Burung elang laut merupakan satwa langka yang dapat dijumpai di kepulauan ini. Adapun kelompok perairan, meliputi terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu, dan ikan hias. Sebagian besar pantai di  Karimunjawa berpasir putih. Oleh karena itu, obyek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam, dan memancing. Kegiatan menyelam cocok dilakukan di Tanjung Gelam yang terletak di Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cemara Kecil. Sementara itu, kegiatan berenang di pantai dan berjemur cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil.

Menurut cerita masyarakat setempat, asal muasal nama  Karimunjawa adalah dari kisah Syekh Amir Hasan, putra Sunan Muria yang nakal dan merupakan murid Sunan Kudus. Ia dibuang ke kepulauan yang bila dilihat dari kejauhan disebut kerimun-kerimun dalam bahasa Jawa atau berarti samar-samar dalam bahasa Indonesia. Lama kelamaan, kepulauan tersebut akrab dipanggil sebagai  Kepulauan Karimunjawa.


Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus. Bagi Anda penggemar diving dan mempunyai jiwa avonturir, disarankan untuk mencoba wisata selam yang satu ini. Berbagai ketegangan akan Anda temukan dalam sekejap. Ketika Anda mulai menyelam Anda bahkan akan disambut oleh bangkai kapal yang telah lama karam di bawah permukaan laut. Suasananya terasa sangat sunyi dan misterius, pilar-pilar besi kapal terlihat berkarat seiring berjalannya waktu, lalu banyak juga terumbu karang (soft coral) berwarna-warni yang sangat indah berjuang untuk hidup dan tumbuh terus.

Jalur laut adalah jalur yang paling umum digunakan wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa. Jika Anda dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Anda bisa menggunakan kapal Kartini I yang berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi dan kembali dari  Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.


Namun jika Anda berangkat dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, Anda bisa menggunakan Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali, lama penyebrangan kapal kelas ekonomi ini membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Yang perlu diperhatikan, untuk jadwal kapal dari pelabuhan Jepara biasanya berangkat hari selasa, kamis, dan sabtu jam 9 pagi dan dari Karimunjawa menuju Jepara yaitu hari rabu, jumat, dan minggu jam 8 pagi. Jadwal ini bisa berubah tergantung cuaca atau ombak di laut jawa. Dan jika seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayaran, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca.

2.Danau Blingoh


Danau blingoh yang berada di desa blingoh kecamatan donorojo jepara sempat viral dan menjadi prinadona. Setelah banyak unggahan foto-foto danau blingoh di media sosial. Danau bekas galian penambangan liar tersebut memang menawarkan keindahan alam. Air danau yang berwarna hijau dengan dinding kapur serta suasana perbukitan dan persawahan membuat danau ini nampak terlihat apik. Di tambah lagi fenomena gema suara saat pengunjung berbicara atau berteriak akibat pantulan suara dari dinding kapur danau tersebut

Pada beberapa tahun lalu danau ini sempat viral dengan wisatawan yang membludak kala itu. Ribuan warga dari jepara hingga luar kota yang penasaran berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata tersebut. Bisa di bilang saat itu menjadi tempat wisata dadakan. Banyak warga yang mengunggah foto di media sosial dan terlihat sangat apik.


Nah jika kalian ingin mampir ke danau ini sebaiknya saat musim hujan. Soalnya kalau nekat datang saat musim kemarau, airnya sudah kering dan hanya terlihat kubangan dangkal dari danau tersebut. Lokasi danau ini berada di dukuh lembah desa blingoh kecamatan donorojo kabupaten jepara. Kalau dari kota jepara kira-kira membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke lokasi.

Semoga tempat wisata ini bisa kembali di kelola oleh pemerintah desa setempat. Karena memang ttempatnya yang bagus dan masih asri. Agar bisa menambah destinasi tempat tujuan wisata di kabupaten jepara.

3. Pantai Bandengan (Tirto Samudro)


Pantai Bandengan nama yang cukup unik di kawasan Jepara. Dimana pantai ini menjadi satu diantara beberapa pantai kebanggaan warga Jepara . Tempat ini menjadi pilihan utama bagi setiap keluarga untuk menghabiskan hari libur mereka. Air nya yang tenang, membuat hati terasa tenang dan damai untuk berlama-lama disini.


Apalagi, pantai bandengan pulau panjang adalah satu kawasan yang tidak mungkin terpisahkan. Bagaimana tidak? Menuju ke pulau panjang bisa melalui pantai bandengan. Oleh karena itu, selain pantai kartini yang menghubungkan karimun jawa. Banyak wisatawan memadati kawasan ini agar sampai di pulau panjang. Salah satu alternatif terbaik untuk menikmati liburan, buat kalian yang suka foto foto dan diupload di sosial mediamu saya rasa klaian wajib kesini hehe

Alamat pantai bandengan jepara berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Arahkan kendaraan menuju ke Jl. Jepara-Bangsri.

4. Pantai Kartini


Pantai kartini adalah pantai yang sangat terkenal di jepara, yang letaknya berada di pesisir kota jepara. Dari kota Jepara sendiri untuk menuju pantai ini Anda hanya perlu berkendara sejauh 3 km saja. Perjalanan dari Jepara ke Pantai kartini tidak sulit karena nanti Anda akan dibantu dengan petunjuk arah yang telah tersedia di sepanjang perjalanan.

Pantai kartini sendiri merupakan salah satu pantai yang indah di jepara, karena pantainya yang bersih dan terawat hingga banyak spot foto,wisata ini tak pernah sepi pengujung. Bagi anda yang berlibur di Jepara jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini, dan bisa anda jadikan agenda untuk berlibur di akhir pekan.


Nama Kartini sendiri oleh pemerintah kabupaten jepara diambil dari  nama Kartini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan kita R.A. Kartini. Kabarnya jaman dahulu R.A. Kartini beserta saudaranya sering bermain di pantai ini.

Pantai kartini ini juga cocok untuk bermain anak – anak, karena memiliki wahana bermain dan pantainya yang tenang. Salah satu Icon yang paling menonjol adalah bangunan Kura kura Ocean Park beserta wahana didalamnya. Ditambah lagi adanya jembatan permanen dengan banyak gazebo ini manambah keindahan pantai kartini, selain itu jika sore hari anda juga bisa menikmati sunset.

Pantai kartini sendiri juga mempunyai keindahan atau pesona akan keindahan alam dan mempunyai wahana yang sangat memukau dan tidak ada di pantai lainnya. Wahan yang di tawarkan antara lain : 

  • Kura kura Ocean Park
  • Wahan bermain anak – anak.
  • Kereta mini
  • Catur Raksasa
  • Panggung Hiburan
  • Tugu Kartini
  • Kolam kecek
  • dll

Dari wahana yang sudah kami sebutkan diatas, ada satu wahana di pantai kartini yang paling diminati adalah  Kura Kura Ocean Park. Kura-kura Ocean park adalah sebuah aquarium raksasa berbentuk kura-kura. Dibangunnya Kura-kura Ocean Park ini adalah sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia yang beragam. 


Jadi tunggu apa lagi sob buruan sobat sekitarku.com liburan kesini ajak semua keluarga tersayang ya hehe

5. Pantai Teluk Awur


Pantai Teluk Awur terletak di desa Telukawur, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara. Destinasi pantai yang banyak digemari sebagai tempat nongkrong kawula muda ini hanya berjarak 4km atau sekitar 30 menit dari pusat kota Jepara. Selain cocok untuk nongkrong, pantai yang masih dikelola masyarakat setempat ini juga menawarkan keindahan laut yang tenang dengan hamparan pasir putih yang sekarang jauh lebih bersih.

Destinasi pantai Teluk Awur yang landai dengan ombak yang tenang ini sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga dan komunitas. Apalagi tiket masuknya juga sangat murah bahkan gratis di hari-hari kerja, dijamin sangat puas. Untuk wisatawan dari luar kota juga tidak perlu khawatir, karena di dekat pantai juga terdapat penginapan villa dan juga hotel. 

Akses jalan menuju pantai Teluk Awur bisa dibilang sangat mudah dan lancar, selain itu juga terdapat banyak penunjuk jalan yang mengarahkan hingga ke lokasi. Dari kota Semarang, pantai Teluk Awur berjarak sekitar 76,5 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan. Sedangkan dari kota Kudus, pantai ini berjarak sekitar 39,6 km atau 1 jam lebih perjalanan.


Kedua rute akan melewati jalan Kudus-Jepara, kemudian melewati pasar Pecangaan, lurus hingga perempatan jalan belok kiri ke arah jalan Sunan Mantingan. Jika pada perempatan tersebut Anda memilih lurus maka akan menuju pantai Kartini, sedangkan jika belok kanan akan menuju pantai Tirto Samudra Bandengan. Setelah melewati Sunan Mantingan kemudian tetap lurus hingga ke Teluk Awur.

6. Pantai Pungkruk


Pantai Pungkruk yang berlokasi di Rw.1 Desa Mororejo, Kec. Mlonggo, sejak tahun 2015 mulai berbenah, potensi wilayah pantai yang dulu di kenal akan wisata pantai dengan kuliner nya, seperti ikan bakar, pindang srani dan hidangan menu laut lainnya.

Salah satu tempat tujuan wisatawan domestik atau mancanegara adalah warung makan SEWU KUTO, yang terletak di depan kawasan pantai, sejak lama terkenal sebagai rumah makan yang menyajikan hidangan khas laut, namun sejak merebaknya kafe karaoke di wilayah Pungkruk, lambat laut wisata kuliner tergerus oleh wisata hiburan karaoke, yang menjamur di wilayah pantai.


Sekarang ini pantai Pungkruk identik dengan karaoke nya bukan kulinernya.

Sungguh sebuah PR atau pekerjaan rumah bagi Pemda Jepara, untuk mengembalikan image pantai Pungkruk sebagai destinasi wisata kuliner di Jepara.

Pantai Pungkruk yang bisa di akses melalui desa bandengan ke arah pantai dari arah selatan melewati Jepara Ourland Park, salah satu wahana wisata yang juga berada di seberang sungai Moro, desa mororejo, sempadan dengan pantai pungkruk, melalui sebuah jembatan di atas sungai Moro atau melalui arah Timur jalan raya Jepara Mlonggo, melalui gerbang masuk ke arah Barat pantai mororejo.


Dibawah ini adalah beberapa foto pantai pungkruk jepara nih sob 


7. Pantai Ombak Mati


Pantai Ombak Mati menjadi salah satu tempat wisata di Jepara yang tak kalah eksotis untuk dikunjungi. Karena berada di kawasan Desa Bondo, Bangsri, Jepara, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Bondo.

Keunikan yang sekaligus menjadi daya tarik dari pantai ini adalah ombaknya yang sangat kecil, bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada ombak. Oleh sebab itulah, pantai ini disebut dengan ombak mati.


Tuh kan kalian lihat foto diatas dan dibawah ini cukup keren ya, hayooo kalian pasti bingung kan yang mana yang lebih bagus ya?? Menurut mimin sih bagus semua sob silahkan dicoba salah satu ya

Demikian dari saya semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua sob, dan untuk view salah satu wisata diatas kalian bisa cek di youtubr ya banyak kok yang sudah buat video disalah satu wisata diatas 

Semoga dengan adanya sekitarku.com ini menambah wawasan kita semua ya dan semoga bisa memperkenalkan wisata yang ada di INDONESIA ini sekian terimakasih ❤